Tips Memilih Jaket Untuk Mengendarai Motor

jaket motor
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Salah satu tips aman mengendarai motor, selain dari segi motornya, tentu ada hal lain yang patut diperhatikan. Salah satunya jaket motor.

Kawand, mengenakan jaket saat menunggangi, eh mengendarai sepeda motor sangat dianjurkan. Selain melindungi badan dari terpaan angin dan debu, jaket juga dapat dipakai untuk gaya (jiaaah, tapi harus di cuci yey!!). Sebagian orang menyebutnya jaket motor. Jaket yang bagus akan menambah rasa percaya diri anda saat berkendara.

So, pilihlah jaket yang nyaman dan aman digunakan sesuai dengan kondisi cuaca dan kebutuhan. Untuk itu ada berapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengenakan atau memilih jaket saat menunggangi motor / memilih jaket motor:

  1. Jaket Kulit

Jaket kulit cocok banget dikenakan baik cuaca panas maupun dingin, baik siang atau malam. Sifat jaket kulit selain kuat dan tidak tembus angin, juga memiliki daya serap keringat yang baik. Selain nyaman dan cocok untuk segala cuaca, kelebihan jaket kulit adalah mampu meminimalisir dan memberikan perlindungan bagi tubuh dari luka akibat kecelakaan (paling gak, ancur jaket dulu baru ancur kulit, hiw). Kelebihan lainnya, tipikal model jaket ini yang tidak ketinggalan jaman. Namun jaket kulit juga punya kelemahan. Karena terbuat dari kulit, maka model jaket ini cepat pula menimbulkan bau yang tidak sedap (nah lo!!). Jaket ini banyak yang dijadikan sebagai jaket club motor. Jadi jaket kulit dapat dipilih sebagai “baju balap atau jaket balap” teman.

  1. Jaket Sintetik

Jaket ini terbuat dari perpaduan kulit dan bahan lubrikan. Kelebihannya hampir sama dengan jaket kulit, hanya saja jaket ini tidak cocok untuk digunakan di siang hari, terutama saat matahari terik. Bahan sintetik tidak memiliki daya serap keringat (weh, bias banjir keringat nih!!). Di sisi lain, jaket sintetik relatif mudah dibersihkan dan baik dikenakan pada malam hari.

  1. Jaket Parasut

Jaket parasut atau rain coats memiliki sifat kedap air, sangat cocok dikenakan jika hujan maupun di udara dingin. Selain melindungi tubuh dari siraman air, bahan parasut mudah dibersikan dan tidak menimbulkan bau. Jika kawand sering mengetes kendaraan dari bengkel, jenis ini bisa dijadikan sebagai baju bengkel di kala musim hujan (hehe..)

  1. Jaket jeans atau denim

Jaket ini baik dikenakan pada siang hari (tidak terlalu terik) maupun malam hari. Memiliki tekstur rajutan yang tebal mampu mengurangi terpaan angin ke tubuh. Meski daya serap keringat lumayan baik, tapi lama kering bila terkena hujan. Bila memaksa naik motor dengan mengenakan jaket ini saat hujan, maka badan terasa berat. Karena jenis bahan jaket ini dapat menyerap air cukup banyak. Jaket jenis ini lumayan juga digunakan sebagai jaket club.

Demi keselamatan, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah kemampuan warna jaket untuk dapat dilihat oleh pengendara lain, terutama pada malam hari atau situasi gelap (mendung/hujan). Kalau mau ke took yang ngejual jaket, jual baju & ingin membelinya, dianjurkan memilih berwarna cerah, terang atau model yang dapat memantulkan cahaya. Hal yang sama juga dianjurkan saat memakai jas hujan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.