Jenis Cedera Yang Umum Di Alami Pemain Sepak Bola

Jenis Cedera Yang Umum Di Alami Pemain Sepak Bola

Sepak bola membutuhkan kekuatan fisik yang bagus, tak jarang juga cedera sering menghantui para pemain sepak bola.Kebanyakan cedera terjadi karena benturan fisik dengan lawan, terjatuh, ataupun mendarat dengan tidak sempurna saat melakukan lompatan.Banyak hal yang bisa menyebabkan cedera.Pemanasan yang baik sebelum bermain sepak bola penting untuk mengurangi resiko cedera.

Selain itu, menurut pengamatan bahwa ccedera tersebut kebanyakan terjadi dalam pertandingan daripada dalam latihan.Kenapa?karena dalam pertandingan para pemain bermain agresif dan maksimal sehingga benturan-benturan yang terjadi memicu terjadinya cedera.

Beberapa jenis cedera yang biasanya terjadi dalam permainan sepak bola :

  • Tertariknya otot paha (hamstring strain)
    Jenis Cedera Yang Umum Di Alami Pemain Sepak Bola

    Dalam aktivitas lari mengejar bola, otot paha dapat tertarik karena dipaksa melebihi limitnya dan menjadi robek. Otot paha yang ada diantara pinggul dan sendi lutut bekerja secara berlebihan sangat rentan terhadap cedera jenis ini karena faktor lelah juga.Pemanasan sekitar 20 menit  sebelum latihan dan pertandingan dapat mengurangi risiko karena otot akan lebih elastis ketika suhu dalam jaringan meningkat.
  • Pergelangan kaki terkilir (strained ankle)
    Jenis Cedera Yang Umum Di Alami Pemain Sepak Bola

    Terkilirnya pergelangan kaki merupakan salah satu cedera umum dalam sepak bola. Robeknya pengikat sendi di pergelangan kaki biasanya terjadi karena terpelintir. Hal ini menyebabkan pendarahan dalam yang membuat bengkak dan sakit.Mengikat dan menggenakan bahan khusus penyokong pergelangan kaki dapat membantu mengurangi risiko terhadap cedera ini. Menurut riset, orang yang tidak memakai pengikat atau penyokong untuk pergelangan kaki jauh lebih rentan mendapatkan cedera ini.
  • Robeknya tulang rawan lutut (knee cartilage tear)
    Jenis Cedera Yang Umum Di Alami Pemain Sepak Bola

    Cedera sobeknya tulang rawan lutut terjadi cukup sering dalam sepak bola. Ada dua meniskus (tulang rawan cekung dalam sendi) dalam setiap sambungan lutut. Dan cedera ini yang merusak meniskus ini. Jika sendi terpelintir ketika sedang menahan beban, meniskus ini dapat menyangkut dan “tergigit” diantara dua tulang (paha dan kering). Dengan tekanan yang cukup, dapat membuat meniskus ini robek.Tidak ada cara yang terbaik untuk mencegahnya, cedera ini timbul karena salah posisi lutut ketika sedang terbebani. Memiliki otot paha yang kuat dapat mengurangi risiko.
  • Burut / turun berok (hernia)
    Masalah burut atau turun berok juga termasuk yang biasa terjadi didalam dunia olahraga, khususnya sepak bola dalam hal ini yang mana bagian panggul mendapat tekanan lebih besar ketika menendang, lari dan berbalik. Olahragawan yang menderita burut ini akan merasa kaku dan sakit dibagian selangkangan.Latihan kekuatan otot yang teratur untuk menopang tekanan dibagian bawah dan panggul dapat mengurangi resiko menderita burut.
  • Cedera ligamen ACL (Anterior Cruciate Ligament)
    Jenis Cedera Yang Umum Di Alami Pemain Sepak Bola

    ACL adalah urat di dalam sendi yang menjaga kestabilan sendi lutut. Cedera ACL sering terjadi pada olah raga yang rentan benturan seperti sepak bola salah satunya. Umumnya ACL dapat cedera pada keadaan sedang lari lalu mendadak berhenti kemudian berputar arah, sehingga menyebabkan lutut terpelintir. Kontak langsung dari lawan (misalnya tekel) juga dapat menyebabkan cedera ini.Latihan keseimbangan menggunakan alat khusus dapat dengan efektif mencegah cedera ligamen lutut. Alat khusus ini (wobble board) didesain untuk membantu edukasi sistem dilutut dengan meningkatkan fungsi sensor sekitar lutut.

 

Sumber : Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *